Program Kota Sehat tingkat nasional kembali digelar. Kota Malang pun kembali mengikuti gelaran yang sudah bertahun-tahun dilaksanakan itu.  Kali ini, Kota Pendidikan optimistis akan kembali meraih dan mempertahankan predikat tertinggi kota sehat, yaitu Swasti Saba Wistara.

Dalam rangka kota sehat nasional, kota Malang menunjuk beberapa tempat sebagai lokus penilaian kota sehat. Dan salah satu yang ditunjuk untuk mewakili adalah WESH al-Umm dalam kriteria Tatanan Kawasan Sarana dan Prasarana Sehat

WESH Wisata Edukasi Sanitasi dan Hidroponik al-Umm adalah sarana edukasi untuk belajar sanitasi terutama sisitem pengolahan limbah, kolam ikan dan hidroponik dan juga biopori yang berada di dalam pondok pesantren al-Umm.

Pada hari Selasa 10 september 2019, Kami P Yai DR KH Agus Hasan Bashory, Ustad Mujib, Abu Hasan dan Pak Yanu dan saya mendampingi tim juri yang diketuai Ibu Endang Widyastuti SKM.MEpid, datang meninjau kwasan WESH al-UMM, beliau mengapresiasi pengolahan limbah di sini, yang mana dalam pemikiran beliau serbelum melihat WESH al-Umm, pengolahan limbah pasti bau dan biasa saja, tetapi setelah melihat WESH al-Umm beliau senang karena pengolahn limbah yang tertata dan begitu banyak manfaat yang dirasakan. Juga beliau menjabarkan pentingnya pemerintah menangkap keluhan dan kebutuhan masyarkat, setelah kami menceritakan asal pembuatan WESH al-Umm.

Setelah beramah tamah, tim juri beserta pendamping berpamitan pulang.

Semoga WESH di bawah Yayasan Bina Al Mujtama, bisa menjadi salah satu penentu dalam penilaian Kota Sehat tingkat nasional.

One Reply to “Kedatangan Team Verifikasi Kota Sehat di Wisata Edukasi dan sanitasi WESH) al-Umm”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *