KUNJUNGAN LAPANGAN KEGIATAN WORKSHOP EVALUASI T.A. 2017 DAN PERSIAPAN T.A. 2018 KEGIATAN SANITASI IDB KE WISATA EDUKASI SANITASI DAN HIDROPONIK KSM Al- Umm

YAYASAN BINA AL-MUJTAMA’

Pesantren al Umm terletak di kota Malang, dibawah Yayasan Bina Al Mujtama’. Dengan santri berkisar ± 500 orang dan semakin bertambah dari tahun ke tahun, maka kami memerlukan perubahan untuk lingkungan hijau, sehat dan bersih.

IPAL KOMUNAL SANIMAS DAK 2017 KSM Al-Umm merupakan sarana pengolahan air limbah untuk pondok pesantren yang berlokasi di Jl. Joyoagung no 1 Kelurahan Merjosari Kota Malang. Terpilihnya lokasi ini dimulai dari pengajuan Yayasan Bina Al Mujtama’ sebagai Yayasan yang menaungi pondok pesantren al-Umm, serta melalui seleksi administrasi dan teknis (selotif) yang diadakan oleh Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang. Dengan jumlah santri tetap >400 jiwa, maka tingkat kerawanan sanitasi sangat tinggi. Selama ini pondok pesantren AlUmm menggunakan septictank yang tidak berstandart, sehingga terkadang ada gangguan seperti bau atau septictank menjadi cepat penuh, sehingga harus mengeluarkan biaya untuk menguras. Dengan kelengkapan administrasi dan lahan yang memadai serta semangat dari pimpinan Yayasan serta dukungan dari para pengurusnya, maka KSM Al-Umm diberi amanah untuk melaksanakan program SANIMAS DAK 2017 Kota Malang.

Dengan izin Alloh SWT melalui berbagai kendala, terhambatnya pengiriman Pipa dan dana yang sempat tertunda akhirnya di bulan Desember kami Tim KSM dan dibantu tenaga fasilitator lapangan (TFL), serta karyawan yayasan, juga semangat para santri mulai SMP sampai Ma’had ‘Aliy telah merampungkan dan finishing perkerjaan IPAL Komunal DAK 2107 dengan terpasangnya saluran dari kamar mandi dan WC serta dapur di pondok pesantren al-Umm. Untuk itu Ketua Yayasan Bina AlMujtama’ KH.DR.Agus Hasan Bashory,Lc.M.Ag selaku pembina KPP (Kelompok Pemakai dan Pemanfaat) telah memberikan nama bagi lingkungan IPAL yaitu Wisata Edukasi Sanitasi dan Hydroponik Al-Umm.

Meskipun belum diresmikan, Alhamdulillah Wisata Edukasi Sanitasi dan Hydroponik Al UMM telah mendapat banyak kunjungan. Salah satunya adalah dari Kunjungan Lapangan Kegiatan Workshop Evaluasi TA 2017 dan Persiapan TA 2018 Kegiatan Sanimas IDB yang diadakan Kementrian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat Direktorat Cipta Karya pada hari Selasa 6 Maret 2017.

Sehari sebelumnya KASUBDIT AIR LIMBAH KEMETRIAN PUPR Bapak Suharsono beserta beberapa staf meninjau lokasi Wisata Edukasi Saniatasi dan Hydroponik alUmm. Beliau sangat antusias dan tertarik serta memberikan masukan yang insya Allah sangat berguna yaitu bagaimana jika hasil air limbah bisa menjadi atau di gunakan untuk menyiram closet selain untuk kolam dan hydroponik. Karena waktu yang terbatas beliau hanya sebentar berkeliling di temani Pak Kyai Agus Hasan, dan berpamitan untuk kembali ke hotel.

Berikutnya di hari Selasa 6 Maret 2018 adalah kunjungan lapangan Kegiatan Worshop yang diikti oleh para KSM, TFL dan juga dari Dinas terkait, yang berasal dari Kalimantan, Sumatra dan Jawa Barat kurang lebih 100 orang. Mereka terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama pagi hari jam 08.00 – 9.30, gelombang kedua 10.00 – 12.30.

Para peserta workshop disambut tim KSM Al-Umm dan Bp Kyai, disambung dengan sambutan dari beliau, peserta mendapat penjelasan proses instalasi pemipaan dan saluran sambungan menuju IPAL. Semua kegiatan tehnis dijelaskan Bp Yanu selaku TFL tehnis dan Tim KSM al-Umm. Penjelasan dimulai dari saluran closet, kamar mandi, dapur serta legunaan dari grasstrap dan bak control, setelah itu proses di IPAL dari inlet, outlet, whitelan dan kolam.

Setelah penjelasan dan Tanya jawab dan beramah tamah, peserta gelombang pertama menuju lokasi beikutnya, kami menunggu peserta gelombang ke dua dengan acara yang sama. Setelah makan siang dan sholat dhuhur peserta gelombang kedua menuju lokasi berikutnya. Tidak lupa kamipun memberi oleh-oleh kepada peserta dengan majalah al-Umm.

Selesailah sesi kunjungan lapangan kegiatan Workshop ke Wisata Edukasi Sanitasi dan hydroponic al-Umm. Jazakumullohu khoiron katsiro kepada Kementrian PUPR, Direktorat Cipta Karya, Pemkot Malang, Dinas PUPR Kota Malang, Bpk Yanu, Bpk Agung , Bpk Hendra, semoga ke depan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *