Kunjungan Madrasah ‘Aliyah Bin Baz Yogyakarta ke Mahad ‘Aliy al-Aimmah

Alhamdulillah, dengan segala limpahan kenikmatan dari Allah subhanahu wa ta’ala, telah terlaksana Rihlah Ilmiah yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta dalam bentuk ziarah, ta’aruf, dan studi banding di Ma’had ‘Aliy Al-Aimmah (MAA) Malang. Kegiatan terlaksana pada hari Selasa, 2 Juli 2013 pagi di Masjid Jami’ Al-Umm dan Kompleks Ma’had ‘Aliy al-Aimmah.

Rihlah tersebut di atas diikuti oleh 48 santri pengurus OSPIC (Organisasi Santri Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz) yang akan mengakhiri masa tugasnya pada tahun ini. Mereka didampingi oleh Ustadz Azhar Samsuri, Ustadz Moh. Sofyan, Ustadz Rezi Albarselaku ustadz pendamping. Mereka kemudian disambut dan dijamu oleh seluruh civitas akademika MAA mulai dari mudir, para asatidz dan juga seluruh mahasantri ditambah dengan pegawai Yayasan Bina Al-Mujtama’ (YBM) Malang yang bisa hadir dalam acara tersebut.

   
   

Acara dimulai dengan pembacaan tilawah Al-Qur’an oleh Ustadz Friscal Prayogo yang juga dulu juga menempuh pendidikan di Islamic Center Bin Baz. Ustadz Ziyad At-Tamimi, S.ThI., M.HI. kemudian menyamput para tamu selaku wakil dari MAA. Sambutan berikutnya disampaikan dari perwakilan mahasantri MAA yang disampaikan dalam bahasa Arab, dan pada kesempatan kali ini diwakili oleh Al-Akh Heri Bagus Adiansyah. Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan, dan penyampaian maksud beserta tujuan kedatangan para tamu yang disampaikan oleh amir safar Ustadz Azhar. Dialog antara kedua belah pihak menjadi acara selanjutnya dan diakhiri dengan wasiat dan mau’idhah dari mudir MAA Al-Ustadz Abu Hamzah Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag., yang sempat terlambat karena kemacetan jalan yang dialaminya dari kota pandaan. Sebelum kegiatan kunjungan ditutup, disempatkan acara untuk meninjau lokasi MAA beserta unit lainnya dibawah naungan YBM Malang. Rombongan tamu kemudian pamit dan melanjutkan agenda rihlah lainnya di wilayah Malang Raya, menuju masjid alghifari menggunakanlimaunit angkutan umum karena bus yang ditumpanginya parkir di depan gedung krida budaya.

Demikianlah rangkaian acara telah terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat semakin merekatkan hubungan ukhuwah antara dua lembaga, menjadi langkah yang baik dalam penyiapan kader da’i dan pembinaan umat umat di masa yang akan datang serta menjadi tabungan amal kebaikan yang berharga bagi semuanya di akhirat kelak. Aamiin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>