PENGANTAR MAJALAH AL-UMM

Edisi perdana Nopember 2012

Oleh

Al-Ustadz Abu Hamzah Agus Hasan Bashori bin Qomari Abdul-Ghani

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah Rabbil’alamin. Shalawat dan salam semoga untuk Nabi صلى الله عليه وسلم, keluarganya dan sahabatnya.

Diantara nikmat Allah yang besar , saya ditakdirkan  oleh-Nya untuk ikut serta dalam membidani lahirnya majalah Qiblati sebelum September 2005, dimana nama Majalah “Qiblati” dan mottonya “menyatukan hati dalam sunnah Nabi” adalah berasal dari ide saya. Nopember 2005 saya menjadi Pemimpin redaksi, dan sejak Mei 2006 saya merangkap menjadi Pemimpin Umum, setelah pulang dari Makkah.
Diantara nikmat-Nya yang besar pula, saya dengan-kawan-kawan- berhasil membawa majalah Qiblati terkenal di seluruh Nusantara bahkan di beberapa Negara di dunia karena pengorbanan, kekompakan, program safari dakwah ke seluruh wilayah Indonesia, dan koreksi waktu shalat subuh yang mengharuskan kita untuk kontak dengan para  ulama, ilmuwan dan umara` yang ada di kementrian agama Republik Indonesia.
Diantara  nikmat-Nya yang besar pula, saya bisa menggagas bersama syaikh Mamduh rencana pendirian Ma’had al-Aimmah, sehingga nama al-Aimmah pun berasal dari usulan beliau . Dan saya berhasil mengusung gagasan itu bersama Qiblati dan LBM (Lembaga Bina Masyarakat, yang saya dirikan tahun 2003 M), dengan berhasil mendapatkan bantuan perpustakaan, membangun Masjid jamik al-Umm, dan tahap awal gedung Ma’had al-Aimmah di atas lahan seluas 2500 M2.
Diantara “nikmat-Nya” pula, Allah menakdirkan saya –bersama teman-teman dan murid-murid- untuk melanjutkan proyek Ma’had al-Aimmah setelah majalah Qiblati ditangani langsung oleh Syaikh Mamduh, dan Ma’had al-Aimmah diserahkan hak pengelolaannya kepada kita, dan kita berpisah wadah dan proyek secara sempurna.  Memimpin redaksi Qiblati berakhir pada bulan Januari 2012, dan memimpin MCQ (Media Citra Qiblati) berakhir pada Februari 2012. Sejak itu saya tidak ada kaitannya dengan Qiblati dan Qiblati tidak ada hubungannya dengan LBM. Perpisahan itu telah diumumkan secara resmi baik di masjid Jamik al-Umm maupun di Majalah Qiblati.
Dua bulan Setelah saya pisah dari Qiblati, Allah memberikan nikmat-nikmat-Nya yang besar; Allah mewujudkan cita-cita saya untuk mendirikan radio al-Umm (102,5 FM) radio ahlussunnah wal-jama’ah yang kini telah menjadi Radio favorit di Malang Raya. Di waktu yang bersamaan Allah memberangkatkan saya ke Kuwait untuk mendapatkan ilmu sunnah dalam menghadapi syiah, dan mendapatkan sanad periwayatan hadits sampai Imam Al-Bukhari dan para imam yang lain, ijazah sanad dari  muhaddits (ahli Hadits) Kuwait Syaikh Dr. Muhammad bin Nashir al-Ajmi, muhaddits Bahrain Syaikh Dr. Nizham Ya’qubi al-Abbasi, muhaddits Maghribi Syaikh Profesor Doktor Muhammad Zaenal Abidin Rustum.
Setelah pulang dari Kuwait, Allah memberi nikmat lagi, yaitu berhasil meresmikan Ma’had Ali al-Aimmah, SDI al-Umm dan Radio al-Umm dengan mengundang menteri Agama dan staf Khusus Menteri Agama Republik Indonesia, yang kemudian dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Agama Bapak Drs. Husnan Bey Fanani MA.,  sekaligus mewakili menteri Agama RI.
Diantara nikmat Allah yang besar, program Ma’had al-Aimmah dan program  SDI al-UMM yang kita gulirkan berhasil kita wujudkan dengan menerima 12 santri Ma’had Ali (sesuai dengan kapasitas maksimal kamar), dan 30 siswa siswi SDI. Juga web www.binamasyarakat.com  bisa kita luncurkan dan sudah berfungsi efektif, semua itu tidak lepas dari jasa dua admin kita yang setia Abu Ahmad Budi, S.E. dan Abu Athfah Arifudin, S.Kom.
Setelah semua itu, kini Allah memberi kesempatan saya untuk mendirikan dan memimpin majalah baru yang insyaallah memiliki banyak keunggulan diantaranya: kepemilikannya, karena ia milik Yayasan Bina Masyarakat maka ia akan ditopang oleh masyarakat dan dibesarkan untuk masyarakat; jaringannya: ia didukung oleh jaringan para ustadz yang luas yang akan menjadi kontributor aktif dalam menulis makalah dan memasarkan majalah.

Profil majalah baru kita ini adalah sebagai berikut:

Nama Majalah : Majalah al-Umm
Motto : Sentuhan ilmu selembut kasih ibu
Segmentasi : Majalah Pendidikan Keluarga
Penerbit : YBM, Yayasan Bina Masyarakat
Pimpinan Umum & Pimpinan Redaksi : Ust. Abu Hamzah  Agus Hasan Bashori, Lc, M.Ag
Sekretaris Redaksi : Muhammad Syahri Abu Rafi’
Staff Redaksi : Ustadz M. Yusuf Harun, MA ; M. Syueb al-Faiz, Lc, M.Si; Ziyad at-Tamimi, S.ThI, M.H.I; Abdul Aziz, S.KM; Mujib Anshar, SH, M.Pdi.; Ghonda Yumitro, MA(HI), MA (PI); Ariffuddin, S.Ag. Harno SP.
Editor : M. Mujib Anshor, SH, M.Pdi.
Administrasi : -
Marketing / Sirkulasi / Pemasaran : Buyung Abraham
Designer : Agus Mulyadi
Rubrik Majalah -   Surat Pembaca-   Manhaj Salaf (Ust. Abu Hamzah)-   Cermin Salaf (Ust. Abu Hamzah)-   Ahlul Bait & Sahabat (Ust. Abu Hamzah)-   Dunia Islam (Ghonda Yumitro)-   Konsultasi Agama dan Keluarga (Ust. Abu Salma)

-   Konsultasi Kesehatan (dr. Aries Budianto SpB, dr. Lia, dr. Bekti, dr. Rahmat, dr. Relig Maret Suhanda, dr. Wahyu J.

-   Aqidah (Ust. M. Yusuf Harun, MA)

-   Kisah (Ust. Ziyad)

-   Khutbah (Ust. Mujib)

-   Fiqih/Syariah (ust. Abu Rafi’)

-   Adab / Akhlaq (Ust. Aziz)

-   Lughoh (Ust. Abu Rofi’)

-   Pendidikan (Ustadzah Ummu Salma Sabila)

-  Ruqyah (Ust. Arifuddin)

-  ‘Alamul Aulad (Dunia anak)

-  Iklan

Jumlah Halaman : 72 halaman (sementara)

Alhamdulillah, Bulan November 2012 Majalah Pendidikan Keluarga Al-Umm resmi diterbitkan. Informasi yang berkaitan langsung dengan pemasaran, sirkulasi, periklanan, dan redaksi, bisa langsung menghubungi kontak person berikut ini:

1. Pemasaran, Sirkulasi, dan Iklan

CP: 0812-3133-8889 (Saudara Buyung Abraham)

Alamat: Komplek Masjid Jami’ Al-Umm, Jalan Joyoagung No. 1, Merjosari – Malang.

2. Redaksi

CP: 0812-3133-9008 (Ustadz Muhammad Syahri)

3. Informasi, kritik, dan saran bisa disampaikan melalui alamat email: majalah@binamasyarakat.com

Atas kesediaan menjadi agen, dengan senang hati kami mengucapkan selamat bergabung dengan majalah al-Umm. Kami sangat membutuhkan Anda melebihi kebutuhan Anda kepada kami. Semoga kerjasama dakwah diantara kita bisa terwujud melalui majalah al-Umm al-Mubarakah ini. Jazakumullah khairan katsiran. Semoga Allah memberkati majalah kita ini dan seluruh proyek dakwah kita. Aamiin.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 Malang, 22 Dzulqa’dah 1433 H/ 9-10-2012 M
Abu Hamzah

31 thoughts on “PENGANTAR MAJALAH AL-UMM

  1. Alhamdulillaahi bini’matihi tatimmushaalihat
    Kami semua ikut memuji Alloh jalla fil uula
    dengan lahirnya Majalah Al Umm yang menambah dan memperkuat hasanah dakwah ahlussunnah di republik Indonesia , memperkuat jaringan dakwah dan ta’awwun serta menjadi wasilah dakwah untuk menyebarkan dan mendekatkan Sunnah pada diri ummat.
    InsyaAlloh kami dan nawak nawak segera langganan

    • Red: wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh
      Kami juga sangat memuji Allah atas segala nikmat-Nya yang tak terhingga. Harapan antum adalah harapan kami semua. Semoga Allah  memberkati langkah kita dan majalah kita ini. Aamiin.
      Kami berharap majalah al-Umm bisa tersebar di Blitar melalui bantuan akhi Ibnu Mustamar.

  2. alhamdulillah.

    ana rindu tulisan ustaz agus, terutama setelah resmi berpisah manajemen dgn majalah qiblati. jujur ana kadang lebih mudah memahami tulisan ustaz daripada ceramah beliau. mungkin karena ana lebih mudah memahami tulisan daripada ucapan lisan. dan mungkin ada banyak juga orang2 yg seperti saya…

    ana juga usul agar LBM/YBM membuat buletin. karena banyak teman2 mahasiswa yg ghiroh keislaman nya cukup tinggi tapi tak ada waktu utk ikut taklim. dgn buletin mungkin akan membantu mendakwahi mahasiswa

    • Red. Alhamdulillah. Terima kasih banyak atas kerinduannya, semoga Ustadz kita al-Ustadz Abu Hamzah diberi kekuatan oleh Allah dalam melayani agama-nya dan menyebarkan dakwah sunnahnya.
      Untuk usulan antum, akan kami pertimbangkan setelah majalah ini berjalan. Semoga antum bisa membantu pemasaran majalah al-Umm ini.

  3. Alhamdulillah, dengan terbitnya satu lagi majalah sunnah yang dipandegani oleh Ustadz Agus Hasan Bashori, kerinduan akan tulisan dan khasanah ilmu yang disajikan oleh ustadz Agus akan segera terealisasikan. Banyak teman sejawat yang menanyakan apakah Ustadz, Agus tidak membuat majalah lagi? Ini disebabkan tulisan beliau mudah dicerna dan mengalir. Semoga dengan hadirnya majalah AL-UMM dakwah sunnah akan semakin menguat dan bisa membentengi kita semua dari ajaran-ajaran sesat yang semakin hari semakin merajalela.

    • Red. Wa;alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
      Selamat datang Bapak Terang yang setia. Kami dan ustadz Abu Hamzah juga rindu menyapa saudara-saudaranya melalui media majalah, meski beliau aktif di Radio dan web. Kehadiran majalah ini adalah satu kebutuhan yang tidak bisa dielakkan, untuk kemajuan Yayasan Bina Masyarakat dan Ma’had al-Aimmah.
      Semoga pak terang bisa istiqamah dalam mendukung dakwah yang mulia ini.

  4. alhamdulillah, kami berharap dengan terbitnya majalah al-Umm yang dinahkodai oleh Ust. Abu Hamzah ini bisa memberikan kontribusi besar dalam pembinaan ummat yang berfokus pada tarbiyatul usrah dan semoga memberikan pencerahan terhadap keluarga-keluarga muslim dibawah panduan sunnah nabawiyah di tengah gencarnya serbuan media-media sekuler terhadap benteng terakhir masyarakat muslim yang bernama keluarga.

    Semoga pula kami diperkenankan untuk ikut berpartisipasi dalam mendistribusikan Majalah Pendidikan Keluarga al-Umm ini di bumi lancang kuning, Riau.

    Roni Candra
    Koordinator Lembaga Kajian Islam dan Peradaban (ELKIP)Pekanbaru, Riau

    • Red. Aamiin ya Rabbal-‘alamiin. Kami tidak bisa membalas yang setimpal dari sambutan antum yang hangat ini kecuali doa yang diajarkan oleh Nabi kita i: jazakamullahu khairal jaza’.
      Untuk menjadi agen, maka kami dengan senang hati selamat bergabung dengan majalah al-Umm, kami sangat membutuhkan Anda melebihi kebutuhan anda kepada kami. Semoga kerjasama dakwah diantara kita bisa terwujud melalui majalah al-Umm al-Mubarakah ini. Aamiin.
      Terima kasih ELKIP Pekanbaru, semoga Allah menjadikanmu sebagi lentera malam di pekan baru di di sepanjang waktu.

  5. Terobosan yang elegan dari Ustadz Abu Hamzah dan tim redaksi atas terbitnya majalah Al-Umm. Semoga majalah tsb menjadi penghilang dahaga terhadap ilmu syar’i dan sesuai dengan mottonya “Sentuhan Ilmu Selembut Kasih Ibu”.. Selamat!!

    Abdurrahman HRD
    Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Quran al-Firqoh an-Najiyah, Malang

    • Red. Aamiin. Allahumma Syaffi’hum fina. Semoga komunikasi ilmu yang sempat terputus antara al-Ustadz Abu Hamzah dengan para pecintanya yang tersebar di seluruh Indonesia bisa tersambung kemali melalui media majalah al-Umm ini, dan semoga sentuhan al-Umm bisa menggairahkan dan menyemangati putera-putera Islam.
      Terima kasih Madrasah Aliyah Firqah Najiyah, semoga Allah selalu memudahkan urusan kalian dan memajukan Firqah Najiyah.

  6. Pingback: SELAMAT MERORBIT MAJALAH AL-UMM, WADAH BARU AHLULBAIT DAN SAHABAT! | Gen Syi'ah

    • terimakasih tim gensyiah.com atas dukungannya. dan perlu kami sampaikan bahwa kami banyak belajar darimu, dan jika diperkenankan kami akan banyak mengambil ilmu darimu. semoga engkau selalu dalam lindungan Allah dan selalu diberi taufiq dalam setiap langkahmu.
      barokallau fikum

  7. Allohumaj’alil-hayata ziyadatan lana fiy kulli khoir.

    yaa Alloh, jadikanlah kehidupan kami senantiasa bertambah dalam segala kebaikan.

    khususnya dengan diterbitkannya majalah al-umm, semoga Alloh mengkaruniakan kepada Ust.Abu Hamzah umur yang panjang, umur yang berkah, yang bisa menjadikan sebab kebaikan bagi kita semua. aamiin..

    wassalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh.

    • PANJANGKAN UMURNYA, BERKAHI MAJALAHNYA
      Allohumaj’alil-hayata ziyadatan lana fiy kulli khoir.
      yaa Alloh, jadikanlah kehidupan kami senantiasa bertambah dalam segala kebaikan.
      khususnya dengan diterbitkannya majalah al-umm, semoga Alloh mengkaruniakan kepada Ust.Abu Hamzah umur yang panjang, umur yang berkah, yang bisa menjadikan sebab kebaikan bagi kita semua. aamiin..
      wassalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh.
      • abu zakariyya says:
      October 22, 2012 at 9:11 am
      Red. Allahumma aamiin, Ya Rabb, ya Mujibassaailiin. Allahumma Syaffi’hum fina, wa lahum mitsla dzalik.
      Wa’aaaalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

  8. Selamat atas terbitnya majalah dakwah Al Umm, semoga dakwah Islam akan semakin menyebar ke berbagai lapisan masyarakat, dari lingkungan terdekat sampai terjauh. Semoga Allah senantiasa memudahkan jalan dakwah ini. (Muji-Pekanbaru)

    • SEMOGA TERSEBAR SAMPAI JAUH
      Selamat atas terbitnya majalah dakwah Al Umm, semoga dakwah Islam akan semakin menyebar ke berbagai lapisan masyarakat, dari lingkungan terdekat sampai terjauh. Semoga Allah senantiasa memudahkan jalan dakwah ini. (Muji-Pekanbaru)
      • muji says:
      October 22, 2012 at 9:23 am
      Red. Allahumma aamiin. Ya Allah kabulkan doa para hamba-Mu yang shalih, untuk kebaikan Majalah al-Umm dan kebaikan agama-Mu.
      Terima kasih bapak Muji.

  9. Bismillah
    Alhamdulillaahi bini’matihi tatimmushaalihat

    Semoga dengan terbitnya majalah Al Umm semakin terpancar Sunnah dan Allah memberi kemudahan bagi kita agar tetap istiqomah di atas Sunnah Rasulullah

    • SEMOGA SEMAKIN TERPANCAR SUNNAH
      Bismillah
      Alhamdulillaahi bini’matihi tatimmushaalihat
      Semoga dengan terbitnya majalah Al Umm semakin terpancar Sunnah dan Allah memberi kemudahan bagi kita agar tetap istiqomah di atas Sunnah Rasulullah
      • Abu Ibrahim Wibowo says:
      October 22, 2012 at 3:47 pm
      Red. Alhamdulillah, atas karunia Allah dan doa para bapak serta ibu majalah kita ini bias terbit untuk memenuhi harapan kita semua, sebagai salah satu wadah dakwah sunnah dan pendidikan islam.
      Semoga Allah membalas semua kebaikan antum di dunia dan akhirat.

  10. @akh / pak Muji yang dari Pekanbaru, kalau tidak keberatan saya ingin silaturrahim ke tempat antum, pekanbaru-nya di daerah mana? saya berada di Jl. Pemudi, Tampan, Payungsekaki. atau bisa juga kontak saya di 0812 6830 1361

  11. selamat kepada Ust. Agus Hasan dan yang lainnya atas berbagai nikmat yang Allah berikan, semoga semakin istiqomah diatas jalan sunnah. kami di cianjur menunggau kehadiran majalah al umm.

    • Alhamdulillah, semoga kebersamaan yang terjalin selama ini senantiasa menjadi pintu keberkahan dan rahmat dari Alloh. Barokallohu fiikum.

  12. Assalamu’alaikum wr. wb.
    terimakasih Ustadz, sudah memberikan pencerahan lewat majalahi ini. Alhamdulillah sudah dibaca 2 minggu yg lalu (mungkin lebih). Kami tunggu yang berikutnya. Syukron

    • Waalaikumussalam.is, mohon sabar menunggu, stock habits uterus. Insyaallah edisi 4 kami tambah banyak agar semua kebagian. Syukran

  13. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, segala pujian hanya milik Allah yang telah memberi banyak karunia-Nya kepada Ustadz Agus Hasan Bashari dan redaksi Majalah kita Al-Umm. Saya adalah seorang yang pernah membaca majalah qiblati saat ustadz Agus Hasan Bashari aktif menulis di majalah qiblati hingga saat ini insyaAllah dan saya mencoba mencari di internet, ternyata beliau sudah menerbitkan majalah baru yakni Majalah Al-Umm. Saya berharap dari hati saya, majalah qiblati dan majalah al umm tetap saling berhubungan dan bekerja sama dalam kebaikan dan ketaqwaan. Semoga Allah berkenan membalas kebaikan kepada redaksi Majalah Al-Umm.

    Faiz mukim di Jember dari Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>