Emas Hitam di Nusantara

Kekayaan adalah anugerah, namun di waktu yang bersamaan ia adalah ujian. Jika seseorang atau satu bangsa menerima dengan syukur dan menggunakan untuk keridhaan-Nya maka kekayaan itu membawa keberkahan, menjadikannya bermartabat dan memasukkannya ke dalam surga. Namun apabila diterima dengan tamak dan tidak bertanggung jawab dan digunakan untuk hal-hal yang tidak diridhai oleh Allah maka kekayaan itu menjadi bala`, menjadi petaka, menjadi sebab perpecahan dan kehinaan, menjadi sebab penjajahan oleh bangsa yang serakah dan menjadi sebab azab Allah.

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah t, Rasulullah i bersabda:

«انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللهِ قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ عَلَيْكُمْ»

Lihatlah kepada orang yang lebih rendah (miskin) dari kamu, dan jangan melihat kepada yang lebih tinggi (kaya) darimu, maka itu lebih membuatmu untuk tidak merendahkan nikmat Allah -Abu Muawiyyah berkata:- kepadamu.”

Imam Muslim juga meriwayatkan Hadis Nabi -Shalallahu alaihi wasalam- dari Abu Said al-Khudri -Radiallahuanhu-:

«إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ، وَإِنَّ اللهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ»

Edisi 11 Th.2

Sesungguhya dunia ini adalah manis dan indah, dan sesungguhnya Allah menjadikan kamu sebagai pengelolanya, maka Allah melihat bagaimana kamu bekerja. Maka takutlah kepada fitnah dunia dan fitnah wanita, sesungguhnya fitnah pertama Bani Israel adalah wanita.”

Lalu bagaimana dengan bangsa Indonesia yang diberi kekayaan yang melimpah ruah oleh Allah swt? Apakah bangsa Indonesia bisa mengelola, memanfaatkan, dan menjadikannya sebagai bangsa muslim yang bermartabat?

Jawabannya tergantung kepada kita sendiri sebagai bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, mulai edisi ini dan dilanjutkan kepada beberapa edisi ke depan, majalah al-Umm akan menyoroti kekayaan Emas Hitam di Nusantara. Semoga makalah ini banyak membuka wawasan dan bermanfaat.

 

______________________

1. Pemasaran, Sirkulasi, dan Iklan

CP: 0812-3133-8889

Alamat: Komplek Masjid Jami’ Al-Umm, Jl. Joyo Agung No. 1, Merjosari, Lowokwaru, Malang.

(jam kerja)

2. Redaksi

CP: 0812-3133-9008

3. Informasi, kritik, dan saran 

bisa disampaikan melalui alamat email: majalah@binamasyarakat.com

Atas kesediaan menjadi agen, dengan senang hati kami mengucapkan selamat bergabung dengan majalah al-Umm. Kami sangat membutuhkan Anda melebihi kebutuhan Anda kepada kami. Semoga kerjasama dakwah diantara kita bisa terwujud melalui majalah al-Umm al-Mubarakah ini.

Jazakumullah khairan katsiran. Semoga Allah memberkati majalah kita ini dan seluruh proyek dakwah kita. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *