Menjadi muslim ideal adalah suatu cita-cita, harapan, bahkan kewajiban. Langkah pertama bagi muslim yang ingin menjadi muslim ideal adalah niat, langkah kedua adalah ilmu, dan langkah ketiga adalah berusaha menerapkan ilmunya. Langkah keempat adalah istiqomah dan evaluasi untuk peningkatan.

Dalam Islam ada banyak penjelasan untuk itu. Misalnya di dalam al-Qur`an Surat Ibrahim (surah 14) ayat 24-26, terdapat deskripsi bahwa “Sosok Muslim yang ideal adalah yang memiliki tiga ciri atau unsur yang saling menguatkan”, yaitu:

Pertama, “pohon yang baik itu akarnya teguh”. Muslim yang ideal itu mempunyai akar yang kuat, tidak mudah guncang karena angin atau badai. Akar yang kuat itu adalah tauhid atau akidah yang kuat, yang tidak mudah goyah walaupun banyak tantangan dan tekanan.

Kedua, “pohon yang baik itu cabangnya menjulang ke langit”. Sosok Muslim yang ideal itu syariah atau ibadahnya kuat. Termasuk ke dalamnya adalah kuat dalam ibadahnya, kuat dalam belajarnya, kuat dalam sedekahnya, disiplin, tepat waktu, cinta orang tua, cinta guru dan lain-lain.

Ketiga sosok Muslim ideal, “pohon itu memberikan buahnya”. Dari akidah dan syariah yang kuat, maka akan melahirkan akhlak yang mulia atau akhlaqul karimah.

Inilah tiga ciri sosok Muslim ideal yang digambarkan oleh Allah SWT melalui firman-Nya, yakni mempunyai akidah yang kuat, ibadah yang kuat, dan akhlak yang mulia.

Namun pada edisi ini berbeda, muslim yang ideal itu “menjadi sosok seperti lebah”. Inilah yang menarik. Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan kita agar menjadi seperti lebah. Apa saja yang perlu kita tiru dari lebah? Ikuti edisi ini dan edisi yang akan datang. Insya Allah ada sekitar 30 pelajaran yang harus kita tiru dari lebah. [*]

Sumber : https://www.majalahalumm.com/muslim-ideal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *