Prof. Baharun 1

Selepas shalat ‘isya 26 Oktober 2014 M/ 2 Muharram 1436 H, Masjid al-Umm (Yayasan Bina al-Mujtama’) kedatangan tamu penting. Di era yang carut marut seperti saat ini, kita butuh sosok dan kerangka berfikir seperti beliau, yang tidak mempetak-petak kelompok satu dengan yang lainnya, selama aqidahnya sama.

Kajian Umum bertemakan

“Hikmah Dalam Berdakwah”

disampaikan oleh:

Prof. DR. Hb. Mohammad Baharun, SH, MA
beliau adalah Guru Besar Sosiologi Agama dan Ketua Komisi Hukum MUI Pusat.

“Saya berbahagia bisa hadir memenuhi undangan Akhina Fillah wal ‘aqidah, al-Ustadz Hasan Bashori (di Masjid al-Umm -red) “ tutur beliau yang penuh persahabatan.

Karena waktu memang sudah malam, langsung menginjak ke materi pembahasan. Diantara faidah yang bisa kita ambil adalah:

  1. Prof. Baharun 3Banyak dari kita yang sudah mengaji, lalu berdakwah hanya dengan modal semangat.
  2. Dalam dunia dakwah, disamping harus mengikuti sunnah rasul shallallahu ‘alayhi wasallam, juga membutuhkan keikhlasan & kesabaran yang luar biasa.
  3. Jangan menilai pengetahuan seseorang itu sama dengan kita, bisa jadi pelaku dosa itu tidak tahu kalau yang dilakukan itu keliru/ menyimpang.
  4. Dakwah harus dengan lemah lembut dan bersatu dengan umat islam pada umumnya disemua elemen baik NU, Muhammadiyah, Persis, al-Irsyad dll.
  5. Prof. Baharun 4Dakwah itu Merangkul bukan Memukul, Membina bukan Menghina.
  6. Kita harus menyadari bahwa merubah suatu kemungkaran itu bertahap, membutuhkan proses. Missal: – sekarang marak sekali Bank-bank berlabel Syariah, bagaimana sikap kita?! Ini merupakan proses yang harus kita hargai. “kalau tanpa proses, itu namanya sulapan..” tegas Pak Prof. Baharun tadi malam.
  7. Dan yang perlu diingat, adakalanya kita itu harus mengalah. MENGALAH = MENUNDA KEMENANGAN.

Mengenai nama al-Umm, beliau berpesan dan berdo’a, bahwa “al-Umm ini dalam bahasa Arab berarti “Induk”, yang mana seorang ibu itu berada di garda terdepan dalam mendidik anak-anaknya. oleh karena itu, semoga para santri yang belajar di al-Umm ini bisa menjadi juru dakwah dan asatidz yang berada didepan”

Aamiin..

Kami ucapkan jazakumullah khair kepada Prof. DR. Hb. Mohammad Baharun, SH, MA atas kerjasamanya dan kesediaannya untuk memenuhi undangan al-Ustadz Agus Hasan Bashori, Lc.,M.Ag. di Masjid Jami’ al-Umm atau Yayasan Bina al-Mujtama”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *