KULIAH PROGRAM DIPLOMA TAUHID DAN RUQYAH

Himmah (Himpunan Mahasantri Ma’had Ali al-Aimmah), Maret 2017

diploma-ruqyah3

Setiap senin berbondong-bondong para mahasantri di program ini datang dari berbagai macam tempat, background dan umur yang berbeda untuk mengikuti kuliah-kuliah yang disampaikan Pimpinan Pesantren ustadz Dr. KH. Agus Hasan Bashori dan ustadz Arifuddin M.Pd.I.

diploma-ruqyah2
Tahun ini setelah lulus dari program doktornya Bapak Kyai menyampaikan kuliah tauhid, dengan kitab pegangan Ushul ‘aqa’id ad diniyyah karya Syaikh Abdurrahman as sa’di yang diberi syarah oleh Syaikh Abdullah al Ghunaiman. Disamping itu untuk menyempurnakan silabus kuliah ini Pak Kyai juga memberikan materi adab dan akhlak dengan harapan mahasantri bisa mempraktekkan ruqyah dan da’wah bil hikmah di lingkungan sosialnya, lebih-lebih ketika terjun ke dalam masyarakat yang majemuk. Kitab yang digunakan adalah Adab ad Daris wal Mudarris karya ringkasan Syaikh Jamaluddin al Qasimi yang diambil dari syarah muhadzzab yang ditulis oleh imam An nawawi as syafi’i.

Kedua kitab diatas, Baapak Kyai memiliki sanad ijazahnya sampai kepada kedua penulis, yaitu Syaikh Sa’di dan Syaikh Jamaluddin al-Qasimi. Setelah khatam semua santri diberi ijazah sanad.

 

diploma-ruqyah1
Adapun untuk kuliah ruqyah syar’iyyah maka ustadz Arifuddin memakai kitab wiqayatul insan karya Syaikh wahid abdussalam bali disamping juga karya-karya ibnu qayyim seperti thib an nabawi, iqhatsatul lahfan sebagi rujukan wajibnya. Kemudian beliau jabarkan dengan pengalaman-pengalaman lapangan.

Salah satu nilai positifnya dengan latar belakang dan umur yang berbeda diharapkan dapat menjadikan suasana belajar semakin dinamis. Tidak jarang pengalaman-pengalaman berharga dari para tetua dikisahkan ketika kesempatan diskusi atau bertanya, para pemudanya pun khusyu’ menyimak untuk mengambil pelajaran.

Sungguh sabar para pengasuh membimbing kami dan sungguh banyak ilmu, hikmah dan petuah yang telah diwariskan kepada kami. Semoga Allah membalas para guru, para ustadz dan Kyai Kita dengan kebaikan di dunia dan di akhirat. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *