Wali Kota Malang Resmikan Pondok Pesantren Al-Umm

MALANG (binamasyarakat.com) Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah subhanahu wa ta’la, pada hari sabtu tanggal 30 Syawal 1436 H (15 Agustus 2015) acara peresmian Pondok Pesantren Al-Umm yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Malang Bapak H. Mochamad Anton (Abah Anton) dengan izin Allah berjalan dengan lancar.

Selain di hadiri Wali Kota Malang acara peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh kota malang, seperti : KH. Abdul Wahid Ghazali (Gus Wahid / Kyai Arema), KH. Luqman Al-Karim (Gus Luqman / Pengasuh PP Bahrul Maghfiroh), Prof. Dr. Imam Suprayogo (Pakar Pendidikan Nasional), Habib Zainal Abidin Al-bin Faqih (MIUMI Kota Malang), Bapak H. Drs. Ahmad Taufik Kusuma (MUI Kota Malang), Letkol Cba Hamdi Wibowo (Komandan Batalyon Bekang 2 Kostrad) beserta anggotanya, Ibu Dra. Zubaidah, MM (Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang) dan para undangan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ananda Faris Fadhilatul Akhyar (Santri Ponpes Al-Umm) dan Ustadz Saifullah Lc Al-hafidz (Pengampu tahfidzul qur’an Ponpes Al-umm dan Ma’had Aly Aimmah). Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Pembina YBM yaitu Ustadz Muhammad al Faiz, Lc. Msi yang sengaja datang dari Jakarta, di iringi penyetalan Profil Yayasan Bina al-Mujtama’. Kemudian dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh Ketua YBM KH. Agus Hasan Bashori, Lc. MAg. Setelah itu disusul sambutan oleh Praktisi Pendidikan Nasional yaitu Prof. Dr. Imam Suproyogo. Kemudian Tausiyah Agama yang disampaikan oleh KH. Abdul Wahid Ghazali atau yang akrab disapa dengan Gus Wahid (Kyai Arema), kemudian menuju acara inti yaitu Sambutan oleh Wali Kota Malang Bapak H. Mochamad Anton (Abah Anton) sekaligus menuju prosesi peresmian (Pembukaan tirai, Penandatanganan prasasti dan peninjau lokasi Ponpes Al-umm), setelah itu ditutup doa oleh Bapak H. Ahmad Taufik Kusuma dan disusul KH. Luqman Al-Karim (Gus luqman), kemudian acara diakhiri dengan ramah tamah.

Dalam sambutannya Wali Kota Malang yang kerap disapa Abah Anton itu sangat mengapresiasi dengan diresmikannya Ponpes Al-Umm. Keberadaan Ponpes menurut Abah Anton sangat baik untuk membantu pemerintah memajukan Kota Malang melalui pendidikan dengan basis agama yang kuat. “Semoga keberadaan Pondok Pesantren Al-Umm bisa semakin banyak membawa manfaat. Dari pondok ini saya berharap semakin banyak muncul generasi handal yang bisa menjadi pemimpin umat,” jelas Abah Anton.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Luqman Al-Karim mengucapkan selamat atas diresmikannya Ponpes Al-Umm. Keberadaan pondok pesantren yang lokasinya ada di depan Ponpes Bahrul Maghfiroh ini diharapkan bisa semakin menguatkan syiar Islam di Kota Malang tercinta. “Saya berpesan, semoga dengan keberadaan pondok ini bisa semakin menjaga kerukunan. Mari bersama wujudkan surga Indonesia sebelum kita masuk ke surga Allah SWT,” kata Gus Lukman, panggilan akrab KH Luqman Al-Karim.

edit12 edit11Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Saifullah al-hafidz dan Ananda Faris Fadhilatul Akhyar

edit13Sambutan Pembina YBM Ustadz Muhammad Sueb al-faiz, Lc, Msi

edit14Sambutan ketua YBM KH. Agus Hasan Bashori, Lc. MAg

edit16Sambutan praktisi pendidikan nasional Prof. Dr. Imam Suprayogo

edit22Tausiyah Agama oleh KH. Abdul Wahid Ghazali (Gus Wahid) 

edit27Sambutan Wali Kota Malang H. Mochamad Anton (Abah Anton)

edit30Pembukaan Tirai peresmian Oleh Wali Kota Malang Abah Anton

edit32Penandatanganan Prasasti peresmian Ponpes Al-Umm

edit35Penyerahan cendera mata kepada Wali Kota Malang oleh Ketua YBM KH. Agus Hasan Bashori Lc. MAg

edit38Pembacaan doa oleh Bapak H. Ahmad Taufik Kusuma

edit39Pembacaan doa oleh Pengasuh PP Bahrul Maghfiroh KH. Luqman al-Karim (Gus Luqman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *