Allah subhanahu wa ta’ala kembali menurunkan ayat-Nya kepada kita. Tetapi sudah jelas bahwa ayat ini bukanlah ayat dalam kitab suci-Nya. Karena ayat dalam kitab suci Al-Qur’an sudah sempurna sejak 1400an tahun yang lalu. Lantas ayat apa yang Allah turunkan saat ini?

Ayat yang Allah turunkan kali ini berupa banjir lahar dingin dari Gunung Semeru. Hujan deras yang turun di daerah puncak semeru sejak hari Jum’at, 7 Juli 2023 mengakibatkan timbunan material vulkanik terbawa air dan mengakibatkan banjir. Dampaknya, banyak jembatan yang rusak dan tidak bisa difungsikan. Bahkan jembatan utama penghubung Malang-Lumajang hilang terbawa arus banjir.

Dampak lainnya adalah terjadinya longsor di beberapa titik. Bahkan salah satu longsor menimpa satu rumah, sehingga 3 penghuni di dalamnya ikut tertimbun dan wafat. Semoga mereka mendapatkan derajat syahid karena wafat tertimpa reruntuhan berupa tanah longsor. Aamiin.

Dampak yang tidak kalah beratnya adalah ratusan rumah yang tertimbun pasir dan lumpur serta atau terpendam air banjir. Akibatnya ratusan warga harus mengungsi. Data jumlah penduduk yang terdampak banjir sungai glidik Dusun Pasirejo Desa Purorejo Kecamatan Tempursari saja tercatat sejumlah 132 KK harus mengungsi. Mereka terdiri dari Laki laki sebanyak 211 jiwa dan perempuan 208 jiwa.

Mengapa Allah ta’ala menurunkan ayat ini? Allah ta’ala sendiri yang menjelaskan kepada kita alasannya. Allah ta’ala berfirman:
وَمَا نُرْسِلُ بِالْآيَاتِ إِلَّا تَخْوِيفًا [الإسراء : 59]
“Dan tidaklah kami mengirimkan ayat (tanda-tanda kekuasaan) kami, melainkan untuk menakuti” (QS. Al Isro’: 59)

Imam Ibnu Katsir menukil dari Qotadah bahwa ketika Allah menurunkan bencana kepada suatu kaum sebagai tanda kekuasaan Allah, maka tujuannya adalah agar mereka mengambil pelajaran, mereka ingat, dan mereka kembali kepada Allah ta’ala.

Maka dengan adanya ayat ini, mari kita senantiasa ingat dan senantiasa kembali untuk menjalankan ketaatan kepada Allah ta’ala.

Bagi kaum muslimin yang ingin turut berpartisipasi dalam membantu para korban banjir lahar dingin ini, silahkan Salurkan bantuan melalui YBM PEDULI
Ke Rekening
BSI no 77 5656 7777
a. n. Dompet Sosial YBM (Kode 451)

CP. 081 332 679 653 (Abu Hasan)

Ditulis oleh Al-Faqir ilallah Dr. Abu Sholih Harno P. Di Dusun Kaliputih Desa Nguter Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Ahad 9 Juli 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *