Buka Puasa Ramadhan di Masjid Jami’ Al – Umm, Emang Enak?

Bulan Ramadhan adalah bulan puasa penuh keberkahan. Di dalamnya terdapat banyak kenikmatan, salah satunya adalah “momen berbuka puasa bersama” di berbagai masjid, tak terkecuali di Masjid Jami’ Al-Umm yang berlokasi di Jl. Joyoagung no 1 Merjosari Lowokwaru Malang, Jawa Timur. Masjid yang terletak dalam kompleks Pondok Pesantren Al – Umm Malang, juga menyediakan berbagai aneka macam takjil untuk para jama’ah.

Sebelum acara “buka bersama” Masjid Jami’ Al-Umm mengadakan tausiyah/kajian yang diisi oleh pemateri yang berkompeten seperti Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. selaku mudir yayasan dan juga asatidzah yang lainnya dari ba’da Ashar s/d menjelang berbuka puasa. Peserta terdiri dari para asatidzah, para karyawan YBM, para mahasantri Ma’had Aliy Al-Aimmah dan para santri Ma’had Al-Umm hingga jama’ah dari luar pesantren.

Setelah kajian tersebut selesai, para jama’ah langsung “menyebar dan mempersiapkan diri” untuk berbuka bersama  dengan menempati tempat duduk yang telah disediakan oleh panitia. Sambil menunggu adzan maghrib terkadang jama’ah mengisi waktu dengan berdoa, membaca Al Qur’an dan lainnya. 

Waktu maghrib pun tiba, para jamaah pun berbuka dengan takjil yang tersedia di hadapannya. Ada kurma, buah semangka, gorengan dan berbagai macam takjil. Namun pertanyaannya adalah apakah semua suasana dan takjil tersebut membuat “enak” para jama’ah? Kita simak penuturan salah satu jama’ah yang bernama Amru Hafidz Ramadhan Kelas 1 SMP Ma’had Al-Umm asal Sidoarjo, “Untuk berbuka bersama di masjid Jami’ Al-Umm ini enak, hanya saja kurang banyak, harusnya 1 nampan untuk 2 orang. Namun saya bahagia karena menu takjilnya enak.” tuturnya.

Lain halnya dengan salah satu jama’ah lain yang bernama Muhammad Lathief Al Hadidi Kelas 1 I’dad Huffazh Ma’had Aliy Al Aimmah asal Ponorogo, “Suasana berbuka bersama di masjid Jami’ Al-Umm ini enak karena menunya enak-enak dan Alhamdulillah perasaan saya bahagia karena makanannya banyak.” Perlu diketahui bahwa panitia menyediakan 100 lebih nampan dengan isi sekitar 10 macam kue tradisional. 

Begitulah pernyataan dari beberapa jama’ah Masjid Jami’ Al-Umm. Sekiranya telah mewakili dari pernyataan jama’ah lainnya. Dan Alhamdulillah wa syukrulillah semuanya telah menikmati hidangan “buka bersama” yang ada di masjid Al-Umm. Sehingga dengan menu “buka bersama” yang berbeda setiap harinya, para jamaah pun tidak bosan untuk menikmatinya dan Alhamdulillah mereka pun bahagia.

Malang, 15 Ramadhan 1445 H / 26 Maret 2024 M

Reporter: Muhamad Reza Al Abdillah, mahasantri i’dad Du’at MAA kelas 2 asal Brebes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *