YBM PEDULI kembali mendapat amanah untuk menyalurkan bantuan kepada kaum muslimin yang membutuhkan. Amanah kali ini disalurkan kepada masyarakat terdampak gempa Malang yang terjadi tanggal 7 April 2021 lalu. Meskipun sudah berlalu sekitar setengah tahun, masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan uluran bantuan.

Daksos kali ini menjadi yang ketiga dilakukan YBM PEDULI. Daksos pertama alhamdulillah telah terlaksana pada tanggal 21 Ramadhan 1442 H / 4 Mei 2021 yang lalu dengan Ustadz Abu Sholih Harno P, SP. M.PI memberikan taushiah dan buka puasa bersama di Desa Sumbertangkil Kec Tirtoyudo Kab. Malang. Masih dalam rangkaian Daksos pertama ini juga dilaksanakan acara taushiah oleh Ustadz Suherman dan buka bersama di Desa Wonoagung kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang yang merupakan basis kristenisasi.

Adapun Daksos kedua terlaksana di Desa Sumbertangkil dengan penyampaian Taushiah dari KH. Agus Hasan Bashori, Lc. M.Ag (Yai Agus) dan pembagian paket sembako untuk warga terdampak. Daksos kedua ini alhamdulillah terlaksana pada tanggal 5 Dzulhijjah 1442 H / 16 Juni 2021. Selain itu juga dilaksanakan survei di Desa Wirotaman Kec. Ampelgading Kab. Malang dan memberikan santunan kepada sebagian warga.

Daksos ketiga awalnya direncanakan untuk dilaksanakan di Desa Wirotaman sebagai tindak lanjut hasil survei Daksos kedua. Akan tetapi dengan adanya kendala yang ada, Daksos ketiga dialihkan lokasinya ke Dusun Kalirejo Desa Kaliuling Kec. Tempursari Kab. Lumajang Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada kondisi masyarakat yang juga membutuhkan dan lebih siap untuk dilaksanakan acara Daksos disana.

Rombongan Daksos ini langsung dipimpin oleh Yai Agus. Selain itu, para Yai dan Para Pendiri YBM seperti Yai Faiz, Yai Ali, Bapak Solihan, dan Bapak Tjatur Yanuarso. Para Gus, seperti Guz Hamzah, Gus Izzu, Gus Hasan, Gus Roy juga turut berpartisipasi. Dan tidak ketinggalan juga, para penerus YBM di masa depan insya Allah, seperti neng Ahla dan Neng Arsya turut serta dalam rombongan.

Rombongan berangkat dari Al Umm tepat pukul 07.30 WIB. Keberangkatan ini terlambat satu setengah jam dari rencana semula. Keterlambatan ini disebabkan adanya tamu dari Jakarta yang mengantarkan obat untuk Ustadz Abu Syifa Triono yang sedang sakit (semoga Allah segera mengangkat sakit beliau) . Sehingga kedatangan rombongan di lokasi acara juga terlambat satu setengah jam.

Acara dimulai pukul 10.30. Meski terlambat warga tetap antusianls menunggu dan memenuhi ruang utama Masjid Al Huda. Setelah pembukaan dan sambutan tuan rumah, Yai Agus memberikan taushiahnya tentang pentingnya kita memahami Allah sebagai maula (penolong) kita atas segala apa yang menimpa kita. Acara kemudian dilanjutkan pembagian sembako, sholat dhuhur berjamaah dan ramah Tamah.

Sebelum kembali ke Malang, rombongan berkesempatan meninjau kampung Halimo, lokasi yang sangat parah terdampak gempa. Informasi yang diterima ada sekitar 200 rumah warga yang rusak parah. Demikian juga dua masjid rata dengan tanah. Dan sampai saat ini, masih banyak warga yang tinggal di Huntara yang sangat sederhana. Ukuran bangunan sekitar 3×3, dengan dinding triplek dan atas asbes gelombang. Semoga Allah segera menurunkan pertolongan Nya kepada mereka yang terdampak gempa tersebut, memberikan pahala yang besar atas musibah yang terjadi dan mengganti apa yang hilang dengan yang lebih baik lagi. Aamiin.

YBM PEDULI insya Allah juga siap menyalurkan bantuan dari segenap kaum muslimin untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Silahkan transfer ke rekening
BSI nomor 77 5656 7777
An. Dompet Sosial YBM
Kode 451
CP. 081 332 675 653 (Ali Khudlori)

Akhirnya, pukul 20.30 semua rombongan sampai di Al Umm kembali dengan selamat. Semoga Allah menerima donasi para muhsinin dan juga usaha para relawan YBM PEDULI dalam membantu kaum muslimin, dan semoga semua itu menjadi simpanan pahala yang bermanfaat di akhirat kelak. Aamiin. (ASH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *