Desa Sumbertangkil, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang termasuk salah satu desa yang terdampak gempa pada tanggal 10 April 2021 lalu. Kerusakan di desa tersebut termasuk parah dengan banyaknya rumah-rumah yang roboh akibat gempa. Sebagian warga yang terdampak termasuk warga yang selama ini mengikuti kajian bersama dengan Ustadz Suherman, selaku Da’i yang fokus berdakwah di lereng gunung Semeru. 

 

Alhamdulillah pada bulan Ramadhan lalu, tepatnya pada hari Selasa, tanggal 22 Ramadhan 1442 H / 4 Mei 2021, YBM Peduli telah mengutus Ustadz Abu Sholih Harno SP., M.PI. untuk mengisi kajian menjelang berbuka puasa sekaligus buka puasa bersama dengan warga yang terdampak gempa. Alhamdulillah warga yang mayoritas adalah ibu-ibu antusias mengikuti kajian sampai selesai. Acara kemudian diakhiri dengan membagikan menu berbuka bersama.

 

Acara tersebut sekaligus sebagai survei tentang kebutuhan warga di sana. Dan Alhamdulillah, informasi yang kita sampaikan disambut dengan baik oleh para muhsinin yang kembali menitipkan amanahnya kepada YBM Peduli untuk membantu saudara di sana yang terkena musibah. Dalam menjalankan amanah ini, YBM Peduli kembali ke Desa Sumber tangkil Kec. Tirtoyudo Kab. Malang pada tanggal 6 Dzulqo’dah 1442 H / 15 Juni 2021 dengan menyelenggarakan Dakwah Sosial (daksos).

 

Daksos kali ini langsung dipimpin oleh Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. Beliau membawa sepuluh anggota tim dengan mengendarai 3 kendaraan roda 4 yang terdiri dari 1 ambulance, 1 pick up untuk mengangkut sembako dan 1 mobil. Sebelum melaksanakan agenda ini, tim YBM Peduli menyempatkan dulu survei ke Desa Wirotaman Kec. Ampelgading Kab. Malang. 

 

Sesampainya di lokasi daksos, tim berkesempatan meninjau rumah-rumah warga yang runtuh akibat gempa dan juga sholat dhuhur di sana. Setelah itu, acara dimulai dengan sambutan tuan rumah yang diwakili oleh Bapak Sudarmaji. Acara berikutnya adalah Taushiah dari Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag. Beliau mengawali dengan memperkenalkan YBM secara singkat dan kemudian melanjutkan taushiah dengan menyampaikan materi tentang urgensi dan makna surat Al Fatihah. Sekitar 45 menit Yai Agus menyampaikan materi masyarakat yang berjumlah sekitar 100 lebih warga mengikuti dengan seksama sampai selesai acara.

 

Acara selanjutnya adalah makan siang bersama dan pembagian sembako. Dalam pembagian ini dan juga keseluruhan acara, Tim YBM Peduli bekerja sama dengan tim dari Islam Selamatkan Negeri yang beranggotakan warga setempat. Tim YBM Peduli kemudian pamit karena harus bersegera mempersiapkan acara Penyerahan ambulan ke Palestina. 

 

Sebagai penutup, dukungan dan bantuan para muhsinin masih sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita. insyaAllah YBM Peduli tetap komitmen untuk membantu menyalurkan amanah dari para muhsinin kepada mereka yang membutuhkan.


 

Salurkan donasi Anda melalui 

 

rekening BSM no 77 5656 7777 an. Dompet Sosial YBM (kode 451)

  1. 081 332 675 653 (Abu Hasan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *