Alhamdulillah, tim YBM Peduli kembali dapat berperan untuk berbagi bersama dengan saudara yang tertimpa musibah. Pada kesempatan kali ini, tim yang langsung dikomandoi oleh Dr. KH. Agus Bashori, Lc., M.Ag. bergerak untuk membantu saudara yang tertimpa musibah gempa di Malang Selatan. Beliau membawa sepuluh anggota tim dengan mengendarai 3 kendaraan roda 4 yang terdiri dari 1 ambulance, 1 pick up untuk mengangkut sembako dan 1 mobil. Tim ini berangkat dengan dua agenda yaitu survei dampak gempak gempa di Desa Wirotaman Kec. Ampelgading Kab. Malang dan pemberian taushiah serta penyaluran sembako untuk warga Desa Sumbertangkil Kec. Tirtoyudo Kab. Malang. Tim bergerak setelah sholat subuh pada hari Selasa, 5 Dzulqo’dah 1442 H / 15 Juni 2021. 

Agenda pertama dilakukan setelah mendapat laporan bahwa ada korban terdampak gempa di Desa Wirotaman yang belum mendapatkan bantuan. Padahal Desa ini dilaporkan sebagai desa yang paling parah kerusakannya akibat gempa yang terjadi tanggal 10 April 2021 atau sudah dua bulan lebih dari sekarang. Tim mendapat kontak salah satu warga yang rumahnya runtuh secara total dan langsung menghubungi kontak tersebut. Setelah disepakati waktunya, maka tim menuju lokasi sebelum menghadiri lokasi untuk agenda kedua. Kedua lokasi agenda tersebut masih bertetangga desa menskipun beda kecamatan.

Saat memasuki Desa Wirotaman, tim sudah bisa menyaksikan secara langsung bekas-bekas reruntukan sebagai dampak gempa kemarin. Diantaranya seperti tumpukan material bangunan bekas rumah runtuh, huntara untuk korban, dan sebagian rumah-rumah yang baru diperbaiki. Terlebih lagi saat tim sampai kepada lokasi yang dituju, subhanallah, disana benar-benar rumahnya habis, yang tersisa hanya bekas pondasi dan lantai. Tim mendapati ada 3 rumah yang kondisinya demikian. 

Informasi yang diterima dari Bapak Sudarmanto -salah satu pemilik rumah yang rata dengan tanah-, beliau mengatakan bahwa setelah gempa, korban yang rusak parah akan mendapatkan bantuan yang cukup untuk membangun kembali. Sehingga ketika ada bantuan yang datang dan jumlahnya tidak seberapa dialokasikan terlebih dahulu kepada yang kerusakannya lebih ringan. Akan tetapi setelah 2 bulan lebih, apa yang dijanjikan masih belum terealisasi. Sebagai solusinya, Bapak Sudarminto memanfaatkan sisa-sisa bangunan yang ada untuk tempat tinggal sementara dan seadanya. dinding hanya  berupa terpal, atap tersusun dari bekas genting yang masih bisa dipakai dan spandek bantuan masyarakat. 

Selain kebutuhan hunian tetap (huntap), kebutuhan lain yang amat diperlukan adalah sembako. karena sejak gempa lalu praktis ekonomi masyarakat tidak berjalan. Waktu mereka banyak tersita untuk kerja bakti gotong royong dalam memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada. Sehingga untuk konsumsi sehari-hari mereka memakan “nasi thiwul” yaitu nasi dari beras yang dicampur dengan olahan singkong. Demikian juga tim rombongan juga sempat dijamu dengan sajian nasi thiwul tersebut. 

Alhamdulillah, tim YBM Peduli kemudian memberikan sedikit santunan kepada korban terdampak. Dan insyaAllah kedepan akan dilaksanakan kembali dakwah sosial dengan memberikan santunan, paket sembako dan tentunya juga dengan siraman rohani kepada masyarakat terdampak. Perlu diketahui bahwa di Desa Wirotaman ini masyarakat disana agamanya majemuk. Muslim sekitar 60 %, kristen sekitar 35% dan sisanya adalah Hindu. Untuk itu, perhatian dan kepedulian kita untuk membantu saudara-saudara muslim kita di sana sangat diperlukan. 

YBM Peduli mengajak kaum muslimin untuk saling membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah dan dalam kesulitan. Ingat, kita ini ibarat satu tubuh, jika ada satu anggota tubuh yang merasa sakit, maka sakitnya juga akan dirasakan oleh anggota tubuh yang lain. Silahkan salurkan donasi Anda melalui 

rekening BSM no 77 5656 7777

an. Dompet Sosial YBM (kode 451)

081 332 675 653 (Abu Hasan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *