KULIAH PERDANA PROGRAM DIPLOMA TAUHID DAN RUQYAH SYAR’IYYAH (DTRS)

MA’HAD ‘ALIY AL AIMMAH (MAA) MALANG

Mahasantri DTRS 1

Pagi yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Iya, mahasantri baru program DTRS MAA yang sudah diterima telah menjalani hari perdana kuliah di MAA pada hari Senin 3 Dzulhijjah 1437 H / 5 September 2016. Meskipun sebenarnya ini adalah pertemuan kedua bagi mereka setelah sepekan sebelumnya mereka juga hadir dalam pekan orientasi, akan tetapi suasana baru tetap terasa dalam semangat mereka ketika belajar. Mereka masuk ke kelas dengan bekal kitab-kitab muqarrar (rujukan) selama kuliah, mereka juga belajar di dalam kelas –adapun sebelumnya masih di masjid, dan mereka juga menikmati waktu belajar yang lebih lama dari sebelumnya.

Pagi itu suasana semangat dari para mahasantri terasa begitu kuat. Mereka datang lebih pagi dari jam masuk kelas bahkan ada yang datang sehari sebelumnya. Sebelum hari perdana ini para mahasantri sudah banyak yang bertanya-tanya tentang awal masuk beserta segala persiapan yang diperlukan selama mengikuti kuliah. Saat kuliah dimulai, hampir semua mahasantri baik ikhwan maupun akhowat sudah siap mengikuti pelajaran dengan menempati tempat yang telah disediakan.

Mahasantri DTRS 2Angkatan perdana program ini berasal dari berbagai kalangan dan daerah yang berbeda. Mahasantri yang terdaftar diantaranya berprofesi sebagai ustadz/da’i, guru, karyawan perusahaan, pengusaha swasta, dan juga mahasiswa. Mereka berasal dari daerah Malang Raya, Blitar, Pasuruan, Situbondo, Bondowoso, Jember bahkan ada yang berasal dari Bogor Jawa Barat. Mereka yang berasal dari luar kota kebanyakan datang ke Malang sehari sebelum kuliah, ada yang menginap di makhad, kerabat ataupun di teman dekat. [HAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *