jambore-berkibar1

Nikmat Allah Ta’ala sungguh tidak pernah ada habisnya dilimpahkan kepada para hamba-Nya. Terkhusus lagi, apa yang telah Allah Ta’ala anugerahkan kepada YBM melalui kontingennya yang dikirim untuk mengikuti agenda mukhoyyam PULDAPII tahun 2016. Acara yang diikuti oleh 25 pesantren bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah dari seluruh Indonesia menampilkan berbagai perlombaan untuk meningkatkan ta’aruf dan ukhuwah sesama santri makhad.

Perlombaan yang dilombakan bersifat ilmiah dan ketangkasan. Lomba ilmiah meliputi hafalan qur’an 15 juz (juz 1-5 ditambah juz 21-30), hafalan hadits Arba’in, pidato bahasa Arab, Inggris dan Indonesia serta cerdas cermat. Sedangkan untuk lomba ketangkasan meliputi futsal, running man, dan estafet. Teknis untuk lomba yang beregu maka setiap makhad akan digabung dengan makhad lain demi menumbuhkan kekompakan antar makhad.

YBM diwakili oleh akhi Abdur Rosyid dalam lomba hafalan al Qur’an. Mengingat lomba ini diperuntukkan untuk ma’had yang takhoshsh Qur’an, maka sulit bagi wakil YBM untuk menang. Meskipun demikian, penampilan dari wakil YBM tidaklah mengecewakan. Untuk lomba hafalan hadits Arba’in, pidato bahasa Inggris dan Indonesia serta running man tidak ada wakil YBM yang ikut karena peserta sudah teralokasikan untuk perlombaan yang lain.

Lomba cerdas cermat YBM diwakili oleh Akhi Wahyu Triono dan Mustajib Thohuri yang digabung dengan satu perwakilan dari Al Bina’ Bekasi. Peserta yang ikut lomba cerdas cermat sebanyak 24 regu. Dari babak penyisihan regu YBM lolos 3 besar dan masuk babak final. Alhamdulillah dalam babak final, regu cerdas cermat YBM keluar sebagai JUARA 1.

jambore-berkibar4 jambore-berkibar3 jambore-berkibar2

Lomba pidato bahasa Arab diwakili oleh Akhi Yusuf Supriadi. Pengalaman sebagai juara 2 nasional antar perguruan tinggi se Indonesia memudahkannya untuk lolos dari babak penyisihan yang diikuti oleh 20an peserta dari berbagai makhad peserta mukhoyyam. Dan di babak final, dengan segala kemudahan dari Allah ta’ala Akhi Yusuf berhasil menjadi JUARA 2 lomba pidato bahasa Arab PULDAPII tahun 2016.

jambore-berkibar5

Lomba futsal diikuti oleh 24 regu. Setiap regu berisi 4 peserta gabungan dari beberapa makhad. Akhi Anwar tergabung dengan makhad Wadi Mubarok dan Albina, Akh Manshur dan Saiful tergabung dengan makhad Wadi Mumbarok dan Albina, Akhi Fatahuddin tergabung dengan makhad MAIS dan Albina, sedangkan Akhi Rusnan tergabung dengan makhad Wadi Mubarok. Regu Akhi Anwar berhasil lolos sampai pada babak semifinal atau empat besar.

Lomba Estafet dimainkan oleh 3 peserta gabungan. Akhi Manshur dan Rusnan sebagai wakil YBM masing-masing tergabung dalam regu yang terpisah bersama dengan perwakilan dari makhad IhIhyaus Sunnah Tasikmalaya. Sedangkan Akhi Alfan yang sebelumnya tergabung dengan Makhad Albina tidak jadi tampil karena adanya kelebihan anggota regu.

jambore-berkibar6

Akhi Mustajib sebagai salah satu anggota regu juara lomba cerdas menyatakan bahwa acara semacam ini sangat menyenangkan. Diapun baru menyadari bahwa ternyata makhad yang bermanhaj ahlus sunnah wal jama’ah itu banyak padahal ini baru perwakilan saja. Diantara faktor yang membahagiakan adalah bisa mengenal kawan-kawan baru dari berbagai makhad di Indonesia. Terlebih lagi ketika bisa bertemu dengan teman satu daerah yang juga sedang belajar di makhad bermnahaj ahlus sunnah wal jama’ah.

Demikianlah sekilas capaian yang telah diraih oleh kontingan YBM dari area mukhoyyam PULDAPII 2016. Semoga kibaran bendera YBM di arena tersebut semakin memacu segenap keluarga besar YBM untuk semakin berprestasi dalam beramal demi meraih ridho Allah Ta’ala. Aamiin

Ditulis oleh Abu Sholih Harno di bus Magelang-Malang, 17 Rabiul Akhir 1437 H/ 28 Januari 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *